Daftar Lima Teratas Kue Lebaran Paling Enak


Reporter          : Fuji Mega Utami
Redaktur         : Neng Osa
Nastar, kue kering khas lebaran. Sumber foto: Fimela.com
NEWSROOM UNTIRTA - Hari raya Idulfitri 1441 H memang dirayakan berbeda dari tahun-tahun sebelumnya. Hal tersebut disebabkan oleh pandemi COVID-19 yang mengharuskan setiap individu menjaga jarak sosial. Akhirnya tradisi menjalin silaturahmi kebanyakan dilakukan secara daring. Meskipun begitu, ada satu hal yang tidak berubah dari perayaan Lebaran tahun ini.
Apakah anda bisa menebak?
Iya, beragam “Kue Lebaran” yang menjadi ciri khas dari setiap perayaan hari besar umat muslim ini tetap ada. Meski tidak bisa bepergian ke rumah sanak saudara tapi Anda masih bisa mencicipi kue lebaran di rumah masing-masing. Kue lebaran sendiri beragam macamnya dari yang asin hingga yang manis. Kudapan tersebut didominasi oleh kue-kue kering, mulai dari si populer nastar hingga putri salju. Cita rasanya jangan ditanya, semua orang pasti suka.
Berbicara mengenai “Rasa” kira-kira kue lebaran apa yang paling enak? Jika bingung menentukannya, kali ini saya akan membahas urutan kue lebaran seperti yang dirangkum oleh Vice.com berikut ini:
Lidah Kucing
Meski tidak menjadi favorit teratas, kukis pipih ini selalu ada dalam perayaan momen lebaran. Kue ini sendiri terbuat dari mentega kemudian dipanggang dalam oven sehingga kadar airnya begitu sedikit. Meski sering dijumpai saat momen lebaran ternyata kue ini berasal dari negeri Kincir Angin, Belanda, dengan sebutan “Katte Tong”. Jika dibandingkan dengan kue lebaran lainnya, rasa lidah kucing sangat sederhana yaitu bercitarasa manis saja. Meski begitu kue kering ini cocok menjadi camilan ringan ketika mengobrol bersama keluarga.
Kuping Gajah
Di luar hari Lebaran, sebenarnya kue kering ini dapat banyak dijumpai di toko-toko kue. Jadi anda bisa menikmatinya di luar perayaan hari raya. Dari segi cita rasa tidak ada yang spesial dari kuping gajah. Hanya manis dan renyah saat masuk ke dalam mulut serta warna uniknya yaitu pergantian antara warna coklat juga krem.
Nastar
Siapa yang tidak tahu ketenaran kue kering yang satu ini. Pada perayaan Idulfitri biasanya kue ini sudah tertata rapi di dalam toples-toples di meja tamu juga ruang keluarga. Penampilan luarnya berwarna kuning keemasan, dengan bagian atasnya yang nampak mengkilap. Ketika digigit akan keluar pasta nanas yang legit juga aroma segar buah nanas tentunya. Dalam urutan tingkat cita rasa, kue kering ini pantas ada di urutan tiga besar.
Putri Salju
putri salju, kue kering bercita rasa gurih dengan balutan gula halus. Setelah suapan pertama, nampaknya tidak salah untuk mencobanya lagi dan lagi karena memang enak sekali. Tidak hanya orang dewasa, anak kecil pun amat menyukai kue ini lantaran terdapat balutan gula halus melimpah yang mereka incar. Disebut “putri salju” karena gula halus yang sangat banyak menyelimuti bagian kue, nampak seperti balutan salju yang menutupi permukaan tanah ataupun lainnya.
Kastengel
Bagi pecinta keju, kue kering satu ini tentunya tidak patut untuk dilewatkan. Dari aromanya saja sudah tercium kuat aroma keju. Berbentuk persegi panjang dengan warna coklat keemasan serta parutan keju yang mengering karena dipanggang. Maka akan terasa sensasi renyah saat mengunyah parutan keju tersebut. Sama halnya seperti kue lidah kucing, kastengel juga berasal dari Belanda. Dari banyak jenis kue lebaran, kastengel menempati urutan pertama karena rasa kejunya yang begitu kuat.
Itu tadi urutan lima kue lebaran terenak menurut Vice.com. Nah, kalo kalian apakah memiliki list kue lebaran terenak yang sama seperti di atas, atau berbeda nih. Tentunya sah-sah saja bila urutan kue lebaran terenak akan berbeda bagi setiap orang. Namun lebih penting adalah bagaimana kue lebaran selalu hadir dalam kehangatan obrolan antar anggota keluarga juga teman saat hari raya Idulfitri. (FMU/NON/MA-NEWSROOM UNTIRTA)

Posting Komentar

0 Komentar