Dukung Pembelajaran Online, Beberapa Provider Telekomunikasi Beri Akses Internet Gratis

Reporter : Rianda Dwi Samiaji
Redaktur : Prima Permata
Foto : siswa menonton video belajar di rumah (Sumber foto: M Agung Rajasa)
NEWSROOM UNTIRTA – Dunia kini sedang digemparkan dengan wabah virus Corona, termasuk di dalamnya ialah Indonesia. Virus ini menjadi ancaman bagi masyarakat yang mengakibatkan terganggunya atau membekunya sebagian aktivitas di Indonesia salah satunya dalam kegaiatan belajar mengajar sehingga membuat jutaan orang menderita karena harus melakukan kegiatan dari rumah atau Work From Home (WFH).
Keluhan ini dirasakan oleh guru dan siswa, beralih melaksanakan pembelajaran secara media daring membutuhkan tenaga extra meliputi waktu, pekerjaan pribadi, pemahaman siswa kerena ada pembatas melalui media, juga kebutuhan internet yang membuat proses belajar mengajar melalui media daring berjalan kondusif sehingga proses belajar mengajar tidak terganggu dan berjalan seperti biasa.
Mendikbud Nadiem Makarim mengakui besarnya tantangan pembelajaran daring dalam darurat COVID-19. Dalam situasi yang tidak mudah ini, tidak semua pembelajaran daring yang dilakukan sekolah akan optimal.
Untuk membantu kegiatan belajar dari rumah seperti dilansir dari kemdikbud.go.id Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) menjalin kemitraan dengan beberapa provider telekomunikasi swasta di Indonesia guna menyukseskan pembelajaran jarak jauh dengan memanfaatkan platform teknologi selama masa darurat Coronavirus Disease (COVID-19).
Dengan hasil bekerjasama Mentri Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) bersama operator telekomunikasi di Indonesia, operator telekomunikasi menyediakan Kuota internet gratis bagi siswa/pelajar untuk mendapatkan ilmu dan melancarkan proses belajar mengajar melalui jarak jauh/ Online.
Provider telekomunikasi yang menyediakan kuota gratis atau layanan internet gratis untuk belajar melalui online dikutip dari idcloudhost.com ialah pengguna kartu telkomsel. Guna mendukung work from home membantu untuk lebih betah dirumah salah satunya ialah dengan paket sebesar 30GB ini dibagikan secara gratis mengakses platform e-learning seperti Zenius, Quipper, Cakap, Bahaso, situs e-learning beberapa kampus, dan lain sebagainya, bisa menggunakan paket Ilmupedia.
Sementara itu untuk pengguna Ruangguru berlaku bagi pengguna simPATI, Kartu AS, Lopp, dan Kartu Halo aktif selama 30 hari sejak diaktivasi. Selain Telkomsel, XL Axiata memberikan kuota tambahan gratis setiap hari. Kuota sebesar 2 GB tersebut akan diberikan setiap hari. Pengguna dapat mengakses beberapa platform e-learning seperti Kelas Pintar, Sekolah.mu, hingga portal Rumah Belajar dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Provider telekomunikasi Indosat Ooredoo juga tak ketinggalan memberikan kuota gratis selama pandemi virus corona ini. Dalam mendukung anjuran pemerintah untuk WFH, Indosat menawarkan kuota gratis 30GB yang bisa digunakan untuk mengakses beberapa platform belajar online untuk pelanggannya dapat mengakses aplikasi e-learning.
Dilansir dari laman resmi kemdikbud.go.id Nadiem Anwar Makarim mengatakan sangat menghargai kerja keras teman-teman Kemendikbud dan juga dukungan para operator telekomunikasi yang telah memfasilitasi kegiatan belajar-mengajar jarak jauh secara daring (dalam jaringan) dengan memberikan akses internet gratis kepada pelajar, guru, dan dosen.
“Subsidi data yang diberikan operator telekomunikasi sangat membantu pelajar maupun pendidik untuk belajar, sehingga tetap produktif di rumah," dikatakan Mendikbud di Jakarta, Kamis (26/03) pada laman resmi Kemendikbud. (RSD/PP/MA-NEWSROOM UNTIRTA).

Posting Komentar

0 Komentar