Gagal Sapa Fans di Indonesia, Berikut Konser yang Ditunda Akibat COVID-19


Reporter          : Khofifah
Redaktur         : Imam Nursalim 
(Ilustrasi pagelaran konser musik. Sumber foto: hot.detik.com)
NEWSROOM UNTIRTA – Wabah COVID-19 nampaknya kian mengkhawatirkan warga dunia, lantaran jumlahnya yang masih belum menemui titik stabil. Tercatat di Indonesia sendiri berdasarkan data pada laman covid19.go.id kasus ini menembus angka 17.025 terhitung saat tulisan ini dibuat.
Terlebih pemerintah diberbagai Negara telah memberlakukan berbagai kebijakan seperti social distancing dan lockdown guna memutus rantai penyebaran COVID-19. Maka, bukan hal aneh jika pandemi ini turut berdampak pada kegiatan berbagai sektor, begitupun dengan industri hiburan, seperti penundaan hingga pembatalan konser musik di Indonesia.
Lantas, konser musisi siapa saja kah yang batal menyapa fansnya di Indonesia? Berikut informasi yang telah dirangkum dari berbagai sumber.
Konser Khalid Free Spirit World Tour,  Penyanyi Berbakat Pelantun Eleven
Dilansir dari kompas.com penyanyi kenamaan Hollywood bernama lengkap Khalid Robinson ini sudah lama merencanakan konsernya di Indonesia dan beberapa Negara Asia lainnya. Konser tunggal yang bertajuk Khalid free spirit world tour ini telah resmi ditunda sampai waktu yang belum ditentukan. Padahal rencananya konser ini akan digelar di Istora Senayan, Jakarta pada 28 Maret 2020.
Meski berat hati, kabar kurang mengenakan ini telah disampaikan oleh pihak Promotor AEG Presents dan One Step Forward disertai himbauan kepada calon penonton agar sering memantau situs resmi www.khalidofficial.com  untuk jadwal terbarunya.
Head In The Clouds, Konser Bertabur Bintang
Para penggemar 88rising tentunya tidak sedikit yang telah menantikan kehadiran konser yang satu ini, mengingat banyak bintang besar dibawah naungan 88rising yang akan memeriahkan festival musik Head in the Clouds (HITC). Sebut saja Rich Brian, Niki, Day6, Stephanie Poetri serta beberapa artis ternama lainnya.
Namun, sayang demi keselematan dan terbentur regulasi yang ada akibat pendemi ini, maka konser resmi ditunda hingga waktu yang akan dijadwalkan kembali. Hal tersebut telah disampaikan langsung oleh pihak 88rising melalui laman instagramnya.
"Untuk keluarga kami di Jakarta: Setelah banyak pertimbangan dan penyesalan, melanjuti tindakan atas situasi virus corona, kami menunda konser Head in the Clouds Jakarta," tulis akun  88rising di Instagram resminya  seperti dikutip Kompas.com, pada Senin (2/3/2020).
Seperti yang dilansir dari medcom.id rencananya konser ini akan diselenggarakan di JIExpo Kemayoran, Jakarta Pusat pada 7 Maret 2020. Festival ini digelar atas kerjasama Kaskus dan Megapro. Sebelum Indonesia, 88rising menggelar panggung Head in the Clouds di Los Angeles, California pada 17 Agustus 2019.
Konser Dream Theater The Distance Over Time Tour 2020, Konser Sekaligus Perayaan 20 Tahun Album Scene From A Memory
Bagi pecinta aliran musik progressive  metal, agaknya sudah tidak asing dengan kelompok musik dunia asal Boston, Amerika Serikat yakni Dream Theater. Kabarnya mereka memasukan Negara Indonesia sebagai List Tour 2020 bertajuk “Dream Theater The Distance Over Time”.
Dilansir dari medcom.id konser yang dipromotori oleh Rajawali Indonesia ini adalah bagian dari Tour perayaan 20 tahun album Scene from a Memory. Rencananya konser ini akan digelar pada 16 April 2020 di Allianz Ecopark Ancol, Jakarta.
Namun, sayang lantaran pandemi COVID-19 yang sedang melanda dunia saat ini terpaksa harus ditunda dan akan dijadwalkan ulang pada Oktober-November 2020 mendatang.
Konser Hammersonic 2020 : Rise Of The Empire, Gelaran Musik Cadas Bertabur Band Metal Papan Atas Dunia
Kabar lain datang dari gelaran festival musik metal terbesar di Asia Tenggara, yakni hammersonic 2020  bertajuk “Rise of the empire” yang terpaksa harus menunda konser musik cadas ini hingga tahun depan. Hal tersebut lantaran kekhawatiran serta demi keamanan berbagai pihak dari ancaman pandemi COVID-19.
Seperti yang dimuat dalam website antaranews.com pihak penyelenggara telah menyampaikan penundaan acara serta permohonan maaf kepada berbagai pihak yang telah terlibat dalam acara ini, Melalui akun instagram resmi @hammersonicfest.
Konser yang akan diisi oleh band metal kenamaan dunia seperti Slipknot, Crossfaith, Trivium dan lainnya ini semula dijadwalkan pada 27-28 Maret 2020 di Pantai Karnaval Ancol, Jakarta. Namun, dijadwalkan ulang pada 15-17 Januari 2021.
Kendati ditunda cukup lama, promotor menjanjikan penambahan tiga headliner dan dua co-headliner. Dalam keterangan di instagram, pihak penyelenggara telah menghimbau kepada mereka yang sebelumnya telah membeli tiket untuk langsung menghubungi nomor yang tertera dilaman Instagram @hammersonicfest guna mendapatkan klarifikasi lebih lanjut.
Sebagai informasi tambahan, pihak penyelenggara rupanya akan memberlakukan tarif berbeda pada pemesanan tiket selanjutnya setelah adanya infromasi penundaan ini, bukan tanpa alasan hal tersebut lantaran adanya penambahan line up artis baru yang akan performance diacara festival musik metal tahunan tersebut pada Januari tahun depan mendatang.
Beberapa konser diatas hanya segelincir dari banyaknya acara yang terpaksa tertunda atau bahkan dibatalkan akibat pandemi COVID-19 yang tidak bisa diprediksi akan berakhir kapan. Meski harus berkecil hati karena tidak bisa menikmati beberapa acara musik yang harusnya diselenggarakan untuk melepas penat. Alangkah baiknya agar kita selalu menjaga kebersihan diri, menyebarkan hal positif serta berdoa agara pandemi ini segera berakhir dan semua berjalan normal seperti semula.  (KH/IMM/MA-NEWSROOM UNTIRTA)



Posting Komentar

0 Komentar