Omzet Pedagang Musiman Jelang Lebaran Merosot


Reporter : Aldi Pratama
Redaktur : Rianda Dwi Samiaji
 
Ilustrasi foto dari Media indonesia, menjual beberapa aneka kue-kue yang di jual di pasar dan berbagai harga kue yang nominalnya cukup murah. 
NEWSROOM UNTIRTA- Omzet pedagang musiman pada jelang Lebaran Idulfitri di Pasar Waringinkurung , Kecamatan Waringinkurung , Serang, merosot drastis. Dengan merosot omzet dari para pedagang musiman tersebut akibat adanya pademi COVID-19 semenjak bulan Maret lalu.

Pedagang tersebut menjual berbagai keperluan di hari raya Idulfitri, seperti aneka makanan ringan dan kue kering, toples kosong, dan keperluan lainya di hari raya. Sabtu (23/5), salah satu pedagan musiman jelang lebaran di Pasar Waringinkurung, Umi Safitri (32) mengatakan,
“Saat ini omzet penjualan kue lebaran merosot mencapai 50 persen dengan dibandingkan tahun lalu. Biasanya omzet menjual kue lebaran dengan penghasilan yang tinggi mencapai Rp 1 juta perharinya selama di bulan Ramadan. Namun, saat ini omzet merosot yaitu sekitar Rp 500.000/harinya.
 
Menurutnya, penjualan tahun ini memang berkurang akibat pandemi yang terjadi di Indonesia. Sejak beberapa hari yang lalu banyak pekerja tetap dirumah untuk menjaga keselamatan masing-masing dari mewabahnya Virus Corona ini, sehingga itu berpengaruh dengan daya beli masyarakat.
“Kalau sekarang kan yang membeli paling banyak itu orang kampung-kampung saja sedangakan orang-orang kota takut berbelanja di pasar. Banyak pembeli belanja di swalayan, atau toko toko online,” jelasnya.

Umi Safitri juga mengatakan bahwa pada saat ini macam-macam kue kering lebaran mahal di pasaran. Selain itu di bulan ini pembeli sepi akibat pandemi. Beberapa makanan yang biasanya diburu pada saat lebaran yaitu astor Rp 70.000/kg, kacang 30.000/kg, kue nastar Rp 50.000/kg, kue putri salju Rp 50.000/kg.
Pedagang musiman kue lebaran berharap pademi COVID-19 cepat dihilangkan dan di selesaikan dengan cepat sehingga dapat berjualan dengan normal dan baik kembali. (AP/RDS/MA-NEWSROOM UNTIRTA)  

Posting Komentar

0 Komentar