Pandemi Corona, Pesantren Kilat Bisa Dilakukan Secara Online

Reporter : Audia Afra
Redaktur : Neng Osa
Remaja Masjid di Ciamis gelar pesantren kilat online. (Foto : Detik.com)

NEWSROOM UNTIRTA (8/6) – Saat bulan Ramadan, kegiatan rutin yang biasa diadakan oleh Masjid dan sekolah-sekolah adalah menggelar acara pesantren kilat. Pesantren kilat biasanya dilakukan secara tatap muka antara para peserta, pengisi acara dan pemateri yang telah disiapkan.

Ramadan tahun 1441 H kali ini bertepatan dengan terjadinya pandemi Covid-19. Saat pandemi Covid-19, tentu saja kegiatan pesantren kilat tidak bisa dilakukan secara optimal karena harus menerapkan program dari Pemerintah yaitu Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) yang melarang masyarakat untuk berkumpul di satu tempat. Oleh karena itu, salah satu masjid yang berlokasi di Ciamis menggelar pesantren kilat ini secara online.

Dilansir dari Detik.com, Selasa (28/4), Asep Nurul Huda, selaku ketua Ikatan Remaja Masjid Agung (IRMA) Ciamis mengatakan, “Penyelenggaraan pesantren kilat online ini sejalan dengan edaran Bupati Ciamis 005/320-Kesra tentang pelaksanaan ibadah di bulan suci Ramadan di tengah pandemi Corona.”

Hanya dengan menggunakan smartphone, peserta mulai jenjang pendidikan SD, SMP dan SMA sederajat dapat mengikuti kegiatan pesantren kilat online. Dengan membayar Rp50.000,- untuk biaya registrasi saat pendaftaran, peserta sudah mendapatkan materi keagamaan melalui video yang dapat disimpan dan dilihat secara berulang kali.

"Materi pembelajaran, mulai dari tahfidz al Quran, tauhid, akhlak, fiqih, dan sirah. Sementara untuk teknik pembelajaran kami menggunakan aplikasi Zoom, Google Meet dan WhatsApp," tuturnya. (AWD/NON/MA- NEWSROOM UNTIRTA)

Posting Komentar

0 Komentar