TIPS AGAR TETAP BEROLAHRAGA SAAT BERPUASA

Reporter: Enno Triutami
Redaktur: Cacih Arlina
Seorang wanita sedang melakukan yoga. Yoga merupakan olahraga ringan yang bisa menjadi pilihan alternatif saat berpuasa. (Sumber : Halodoc)

NEWSROOMUNTIRTA – Ramadan merupakan bulan yang sangat dinantikan seluruh umat Muslim di penjuru dunia. Ada beberapa hal yang berubah ketika Ramadan tiba, di antaranya adalah pola makan dan aktivitas sehari-hari. Ketika Ramadan, orang-orang cenderung tidak mengatur pola makan mereka akibat menahan lapar setelah berpuasa seharian penuh.

Bukan hanya pola makan yang berubah, namun aktivitas sehari-haripun ikut berubah karena kebanyakan dari mereka mengurangi aktivitas ketika tengah berpuasa. Seharusnya puasa tidak menjadi halangan bagi kita untuk tetap beraktivitas seperti biasanya. Bahkan, aktivitas seperti olahraga cukup penting dilakukan ketika berpuasa agar tubuh tetap sehat dan bugar.

Mengutip dari Republika.co.id, dr. Samuel Oetoro, Sp. GK menyarankan agar kita senantiasa tetap berolahraga meski sedang berpuasa.
“Olahraga cukup paling lama 30 menitan, jenisnya yang ringan, jangan berlebihan karena kalau olahraga intensitas tinggi justru akan menurunkan daya tahan tubuh,” ujar dokter Spesialis Gizi Klinik tersebut.

Olahraga memiliki banyak manfaat yang sangat penting bagi tubuh. Olahraga ketika berpuasa juga bisa menjadi kesempatan untuk membakar lebih banyak kalori sehingga berat badan akan tetap ideal. Namun, ada beberapa hal yang harus diperhatikan ketika melakukan olahraga saat berpuasa.
Salah memilih waktu untuk berolahraga bisa berdampak buruk bagi kesehatan tubuh. Olahraga saat perut kosong dan haus dapat mengakibatkan tubuh menjadi kelelahan, lemas, pusing hingga dehidrasi. Kesalahan pemilihan waktu dan jenis olahraga saat berpuasa juga dapat menyebabkan kerusakan otot.

Melansir dari hallosehat.com, waktu yang tepat untuk melakukan olahraga saat berpuasa tergantung pada tubuh kita sendiri, karena setiap orang memiliki kekuatan yang berbeda pada tubuhnya. Selama tidak merasakan lemas dan pusing, maka hal tersebut tidak menjadi masalah.
Terdapat waktu paling baik untuk melakukan olahraga saat berpuasa, yakni setelah berbuka puasa dan setelah sahur. Kita bisa berolahraga setelah berbuka puasa, namun kita harus memberi jeda 2-3 jam agar makanan selesai dicerna terlebih dahulu. Setelah sahur kita juga bisa melakukan olahraga karena energi dalam tubuh kita telah terisi kembali. Olahraga setelah sahur baik untuk menjaga kebugaran tubuh.

Ada beberapa pertimbangan yang harus diperhatikan ketika melakukan olahraga saat berpuasa, di antaranya memilih jenis olahraga yang sesuai dengan kondisi tubuh dan memperhatikan durasi serta intensitas berolahraga. Dikutip dari tirto.id, ada beberapa jenis olahraga yang dapat dilakukan saat berpuasa, di antaranya:

1. Jogging atau Treadmill Ringan
Pagi hari merupakan waktu yang cocok untuk melakukan jogging, sebab tubuh kita masih memiliki banyak energi yang tersimpan setelah makan sahur sehingga tubuh tidak terlalu merasa lelah. Tetap perhatikan waktu saat melakukan jogging, cukup 20-30 menit dengan intensitas yang ringan agar tidak dehidrasi.

2. Bersepeda
Bersepeda merupakan salah satu olahraga ringan yang bisa dilakukan oleh berbagai kalangan mulai dari anak-anak hingga dewasa. Sama seperti jogging, bersepeda juga baik dilakukan ketika pagi hari guna mencegah dehidrasi yang berlebihan. Bersepeda selama 45 menit akan membakar sekitar 300 kalori bagi wanita dan 350 kalori bagi pria.

3. Yoga
Yoga merupakan olahraga yang sering dilakukan oleh wanita karena bisa dilakukan di sela-sela aktivitas mereka sebagai wanita karier atau ibu rumah tangga. Selain mampu menjaga pikiran lebih rileks, yoga juga menjadi salah satu olahraga ringan yang dapat mempercepat detoksifikasi dalam tubuh. Yoga dapat dilakukan kapanpun ketika berpuasa. Pilih tempat yang tenang agar olahraga ini dapat dilakukan secara maksimal.

4. Naik Turun Tangga
Aktivitas ini terdengar sepele namun terbukti dapat membakar kalori sehingga menjadi jenis olahraga yang tergolong ringan. Naik turun tangga selama 10 menit dapat membakar sekitar 178 kalori. Akan tetapi, olahraga ini dapat menimbulkan dehidrasi jika tidak dilakukan dengan prosedur yang baik.

5. Jalan Cepat
Jalan cepat bisa menjadi alternatif olahraga ringan yang dapat dilakukan saat berpuasa. Jalan cepat bisa dilakukan di mana saja selagi tempat tersebut menunjang untuk aktivitas ini. Jalan cepat selama 30 menit bisa membantu kita untuk menjaga keseimbangan tubuh. Olahraga ini bisa dilakukan ketika menjelang berbuka puasa.

Kebugaran tubuh harus selalu dijaga meski sedang berpuasa. Banyak olahraga ringan yang bisa kita lakukan untuk tetap sehat saat berpuasa. Selain berolahraga, pola makan juga harus selalu diperhatikan untuk menunjang kesehatan tubuh kita saat Ramadan. Karena di dalam tubuh yang kuat terdapat jiwa yang sehat. (ENT/CH/MA-NEWSROOM UNTIRTA)

Posting Komentar

0 Komentar